Awards
BEST INNOVATIVE DIGITAL PRODUCT
WAN-IFRA DIGITAL MEDIA AWARDS ASIA 2024
Podcast Image
Anak di Era Digital, Bagaimana Perlindungannya dari Ancaman KBGO?"
Whats Trending / 23 Jul 2024

Selamat hari anak nasional (HAN) 2024 buat seluruh anak-anak di Indonesia. Tema Hari Anak Nasional tahun ini adalah "Anak Terlindungi, Indonesia Maju", dimana salah satu sub temanya adalah "Anak Cerdas, Berinternet Sehat".

Tema ini dimaksudkan agar anak Indonesia paham dan mampu memilih mana yang baik dan buruk dalam penggunaan internet di era sekarang. Harapannya, dapat mencegah berbagai dampak buruk yang dapat terjadi ke anak dalam penggunaan internet.

Survei Kementerian PPPA dan UNICEF pada 2023 tercatat, hampir 95 persen anak usia 12-17 tahun mengakses internet minimal dua kali sehari.

Sayangnya, pemanfaatan internet ini dibarengi dengan peningkatan angka kekerasan berbasis gender online triwulan I 2024 jika dibanding tahun lalu. Ini berdasar data Southeast Asia Freedom of Expression Network (SafeNet)

Rentang usia korban terbanyak yakni 18-25 tahun sebesar 57 persen. Sementara kasus KBGO anak dibawah 18 tahun menempati peringkat kedua tertinggi, mencapai 26 persen.

Bentuk KBGO di triwulan I 2024 diantaranya:

- Ancaman dan penyebaran konten intim

- Pemerasan seksual dan doxing

- flaming atau pesan proaktif

- morphing atau mengubah gambar/video dengan wajah orang lain

- mengakses akun tanpa izin, dll.

Sedangkan riset terbaru KBGO dari TaskForce mencatat ada 148 aduan yang diterima dalam 3 tahun terakhir, terdapat 31 kasus yang korbannya berusia 15-18 tahun. Pelakunya itu ditemui rata-rata dari kenalan daring, baik medsos atau game online.

Karena itulah di hari anak ini, What's Trending khusus menyoroti soal Kekerasan berbasis gender online (KBGO)

*Kami ingin mendengar saran dan komentar kamu terkait podcast yang baru saja kamu simak, melalui surel ke podcast@kbrprime.id

Komentar

Loading...

advertisement
Selanjutnya
advertisement